Manfaat Sambal Dan Berbagai Resep Sederhana Yang Menarik

Spread the love

Apakah Anda penggemar rasa pedas? Jika iya pasti Anda tidak bisa lepas dari sambal saat sedang menikmati makanan bukan? Meski memiliki banyak penggemar, hidangan pelengkap yang satu ini tentu memiliki kelebihan dan kekurangan.

Seperti yang diketahui tidak semua orang dapat tahan dengan rasa pedas. Rasa yang pasti muncul jika Anda menyantap makanan pedas adalah lidah yang terasa seperti terbakar karena pedas yang dirasakan, Anda akan berkeringat karena sensasi pedas, Anda juga bisa merasakan sakit pada perut jika perut Anda tidak kuat menahan rasa pedas.

Kelebihan yang dimiliki hidangan ini yaitu dapat menambah selera makan Anda karena terasa semakin lezat. Selain itu ternyata hidangan ini memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh seperti yang akan dibahas di bawah ini. Apa saja manfaat yang diberikan, simak informasinya di bawah ini.

Manfaat Sambal Untuk Kesehatan Tubuh

  • Kandungan vitamin A dan C

Karena termasuk bahan makanan alami, tahukah Anda ternyata cabai yang menjadi bahan utama hidangan ini memiliki kandungan vitamin yang baik untuk tubuh? Seperti yang diketahui, vitamin merupakan zat yang tidak dapat dihasilkan sendiri oleh tubuh Anda.

Oleh karena itu Anda perlu mengonsumsi makanan-makanan yang kaya akan vitamin untuk kebutuhan nutrisi Anda. Hal tersebut karena vitamin ini penting sekali untuk proses metabolisme dan manfaat baik lainnya. Nah biasanya makanan yang mengandung vitamin ini terdapat pada buah-buahan atau sayuran.

Nah ternyata vitamin A dan C bisa Anda dapatkan jika mengonsumsi cabai loh. Kegunaan vitamin C diantaranya berperan pada proses metabolisme yang disebutkan tadi, membantu penyembuhan luka, dan melakukan penyerapan zat besi yang baik untuk tubuh. Selain itu, vitamin C juga bersifat antioksidan yang baik untuk menghilangkan radikal bebas yang akan masuk atau yang ada di tubuh.

Sedangkan kegunaan vitamin A yaitu baik untuk kesehatan mata, anti radang dan anti penuaan juga dapat meningkatkan tekanan darah. Selain kandungan vitamin yang baik untuk tubuh, cabai juga tidak mengandung kolesterol sehingga sangat aman dikonsumsi tubuh.

  • Bagus untuk menu diet

Manfaat selanjutnya mungkin yang menjadi perhatian para wanita yang sedang diet. Tahukah Anda ternyata cabai juga dapat menurunkan berat badan Anda, yang artinya hidangan yang satu ini dapat Anda jadikan sebagai menu diet yang lezat untuk Anda. Peneliti menyebutkan bahwa dengan mengonsumsi cabai yang dibuat menjadi hidangan ini, ternyata dapat meningkatkan proses oksidasi pada tubuh yang artinya banyak lemak yang akan terbakar yang menyebabkan berat badan Anda menjadi turun.

Proses oksidasi ini disebabkan karena adanya kandungan capsaicin yang ada pada cabai. Dan jika Anda memakan cabai atau setelah menikmati makanan dengan hidangan ini, Anda akan merasa rasa lapar Anda akan tertahankan. Sehingga Anda bisa menahan diri untuk tidak memakan makanan yang lain dan membuat berat badan Anda menjadi turun tentunya.

  • Bisa untuk meredakan sakit

Manfaat yang dimiliki capsaicin yang ada pada cabai selanjutnya adalah dapat meredakan sakit atau nyeri yang ada pada tubuh. Karena memiliki sifat sebagai analgesik sehingga cabai dapat membantu Anda meredakan rasa sakit yang timbul pada tubuh Anda.

  • Menghindari bahaya kanker

Berdasarkan penelitian menyebutkan, hebatnya manfaat yang dimiliki cabai yang satu ini yaitu bisa memberikan manfaat untuk menghilangkan atau menangkal bahaya sel kanker di tubuh.

Resep Sambal Sederhana yang Wajib Dibuat

  • Menggunakan bahan tomat

Memiliki bahan dasar tomat, hidangan yang satu ini dapat Anda buat menjadi hidangan yang memiliki rasa tidak terlalu pedas karena adanya tomat. Namun jika Anda tetap menginginkan rasa pedas, Anda dapat memperbanyak cabai di dalamnya dan tomatnya dapat berfungsi sebagai rasa manis saja. Bahan-bahan yang digunakan diantaranya 10 cabai merah keriting, 10 cabai rawit, 2 buah tomat, 1 buah jeruk, setengah sendok teh terasi, gula dan garam.

Untuk membuatnya, pertama Anda dapat merebus cabai dan tomat hingga matang. Lalu tumbuh bahan tersebut dicampur dengan terasi, gula, dan garam. Campur hingga semua bahan merata menjadi satu.

Jika sudah rata, Anda dapat menambahkan perasan jeruk di atasnya selanjutnya hidangan ini sudah siap dinikmati.

  • Menggunakan bahan terasi

Resep sambal selanjutnya cocok untuk Anda yang menyukai rasa pedas yang cukup fresh. Resep yang satu ini mungkin sering dibuat para ibu karena merupakan resep yang sangat sederhana dan memiliki ciri khas pada terasinya. Bahan yang digunakan yaitu 25 cabai rawit, 3 cabai merah besar 1 tomat, 5 bawang merah, 1 bawang putih, terasi yang telah dibakar sebanyak satu buah, garam, gula, jeruk, penyedap, minyak goreng.

Cara membuatnya sedikit berbeda dengan resep sebelumnya. Jika versi sebelumnya bahan-bahan direbus, resep yang menggunakan bahan utama terasi ini dibuat dengan cara digoreng. Jadi pertama yang Anda lakukan adalah menggoreng semua cabai, bawang dan tomat.

Setelah matang, Anda dapat menumbuknya hingga halus dan tidak lupa untuk menambahkan bahan-bahan pelengkap seperti garam, gula, terasi dan penyedap. Campur menjadi satu dan tambahkan perasan jeruk di akhir pencampuran. Tidak lupa untuk menambahkan minyak goreng yang dipakai menggoreng tadi di akhir pencampuran juga.

  • Menggunakan kecap

Resep yang paling sederhana mungkin berasal dari jenis yang menggunakan kecap. Berbeda dengan resep yang lainnya. Untuk jenis hidangan dengan resep ini, semua bahan hanya dipotong kecil-kecil lalu dicampurkan dengan kecap.

Selain mudah dilakukan, bahan yang digunakan juga sangat sederhana dan rasa yang dihasilkan juga tidak terlalu pedas. Bahan-bahan yang Anda butuhkan diantaranya cabai rawit sebanyak 15 buah, bawang putih 4, bawang merah 3, kecap manis 8 sendok teh dan perasan jeruk untuk menambah cita rasa yang unik.

Potong semua bahan menjadi kecil-kecil kemudian campur semuanya menjadi satu dan tambahkan kecap ke dalamnya. Aduk hingga merata dan beri perasan jeruk di atasnya.

  • Menggunakan bahan teri

Resep selanjutnya juga cukup unik karena menggunakan teri. Jadi Anda dapat langsung menggunakan hidangan ini sebagai lauk makanan Anda karena sudah terdapat teri di dalamnya. Bahan yang perlu Anda siapkan yaitu 150 gram teri, minyak goreng, jahe, cabai rawit dan cabai keriting, bawang merah dan putih, garam, gula dan penyedap.

Cara membuatnya teri dibersihkan terlebih dahulu lalu biarkan di dalam air sekitar 10 menit agar menjadi empuk. Jika sudah Anda dapat menggorengnya, lalu tumbuk bumbu menjadi satu hingga halus. Setelah itu Anda dapat menumisnya sebentar hingga tercium bau harum.

Lanjut Anda dapat menambahkan jahe yang sudah digeprek dan masukkan teri ke dalamnya. Masak sampai kira-kira bumbu matang dan meresap ke dalam teri.

Itulah beberapa resep sambal sederhana yang dapat Anda coba cara-caranya di rumah.